Rabu, 24 Oktober 2012

Buku Cerdas Mengenai SOP


Suatu keberuntungan punya seorang kawan yang kerja di Penerbit. Bagaimana tidak, untuk seorang penggila baca kayak saya gini membaca buku secara free adalah suatu yang sedikit “wah”. Bukannya doyan gratisan, tapi ya mumpung ada kesempatan, hehehe. Kawan saya ini bekerja di Penerbit domisili Surabaya, namanya Penerbit SIC. Memang awalnya saya merasa biasa aja sama penerbit tersebut, secara saya kira nggak jauh beda sama penerbit lainnya.Nah, ketertarikan saya dengan Penerbit tersebut berawal saat saya main kerumah kawan saya. Kebetulan di rumahnya menumpul buku-buku terbitan tempat kerjanya itu. Dasar book addict, begitu lihat tumpukan buku nganggur dan siap untuk dibaca mata saya langsung berbinar. Tanpa babibu langsung aja saya nyomot satu persatu buku milik penerbitan kawan saya itu dan membaca sekilas blurb di bagian belakang cover. Dan hasilnya??? Lumayan jatuh cinta sama penerbitnya. Karena Penerbit tempat kerja temen ane itu punya karakteristik sendiri, mulai dari penulis daerah yang potensial, buku fiksi hingga ilmiah yang paten dan lainnya.Nah, kebetulan saya kala itu ngebaca buku mengenai SOP (Standar Operating Procedure) yang biasa diterapkan di perusahaan. Nah,sy mau sharing-sharing dikit nih tentang rahasia membangun SOP milik penerbit SIC yang sy baca. Judulnya “Rahasia Membangun SOP”  lumayan recomended. Klik aja Cara Cerdas Membangun SOP Penerbit SIC Apalagi penulis buku ini juga nggak asal nulis aja. Beliau sebelumnya telah memliki pengalaman bekerja di industri manufaktur yang bergerak di bidang Automotive Part Jepang. Disini dieksplorasi mengenai prinsip membuat SOP yang terprosedur dan rapi.Ini nih bukunya,
Evaluasi adalah faktor penting dalam mengukur efektifitas suatu SOP. SOP Tanpa parameter pengukur kesesuaian standar yang disyaratkan menyimpan peluang kegagalan. Kehadirannya dianggap remeh, maka sedikit sekali yang concern padanya. Padahal tanpa SOP segalanya menjadi lebih rumit dan sulit. Maka dari itu, SOP harus dibuat dengan materi yang matang dan penuh perhitungan. Dan beragam metode untuk membangun SOP yang kuat adalah salah satunya pemastian kualitas, standarisasi memperkecil peluang kegagalan hingga diagnosis sistem organisasi. Bagi perancang SOP buku ini sangat bagus untuk dijadikan referensi. Silahkan membaca

1 komentar:

  1. Good information thank you closely monitor your success. Introduced a Web site to your http://elmiragroup.com/

    BalasHapus